Minggu, 05 September 2010

review tugas Morfologi dan Arsitektur Kota

GELIAT KOTA TANGERANG DI USIA REMAJA

Usia Kota Tangerang memang masih tergolong sangat muda untuk ukuran sebuah kota, namun justru pada usia-usia remaja seperti inilah kota terus tumbuh dan mengalami perkembangan. Perkembangan di Kota Tangerang dapat dikatakan cukup pesat dengan melihat banyaknya perubahan dalam berbagai aspek yang terjadi. Kota yang awalnya sepi kini sangat ramai penduduk, bahkan dihampir semua ruas jalan macet tidak dapat terelakkan. Rumah-rumah, gedung perkantoran, dan pusat-pusat perbelanjaan kini bertebaran disegala penjuru kota.

Dalam artikel di atas dikatakan bahwa Kota Tangerang mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai kota yang berada di dekat ibu kota Jakarta hal tersebut tidaklah mengherankan. Perluasan urban Jakarta yang juga meliputi Tangerang membuat banyak penduduknya berkomuter untuk bekerja di Jakarta atau sebaliknya. Didukung dengan sarana transportasi, pendidikan, serta kesehatan yang memadai menjadikan Kota Tangerang sebagai salah satu kota yang banyak dipilih sebagai lokasi tempat tinggal. Disamping itu, banyak kompleks hunian dari kelas menengah hingga atas yang telah dikembangkan di Kota Tangerang, lengkap dengan pusat-pusat perbelanjaan, mini market dan sekolah. Pemerintah juga bekerja dalam mengembangkan sistem jalan tol untuk mengakomodasikan arus lalu lintas yang semakin banyak ke dan dari Tangerang.

Tangerang merupakan pusat manufaktur dan industri di pulau Jawa dan memiliki lebih dari 1000 pabrik. Banyak perusahaan-perusahaan internasional yang memiliki pabrik di kota ini. Selain itu, Tangerang juga tengah mengembangkan kawasan pusat perbelanjaan seperti “Tangerang City” yang berada di kawasan strategis. Sejumlah pengamat properti menilai pembangunan pusat bisnis ini bisa berdampak dalam peningkatan kegiatan bisnis, tenaga kerja di Tangerang, gaya hidup dan lain-lainnya. Diharapkan proyek ini juga akan mampu menampung lebih dari 3.000 usaha kecil dan menengah di Tangerang.

Namun, perkembangan fisik kota yang pesat terkadang menimbulkan permasalahan di beberapa bagian. Ini menjadi tugas pemerintah kota Tangerang untuk mengimbangi perkembangan fisik dengan penataan kota yang tepat agar permasalahan-permasalahan yang timbul dapat diselesaikan dan diminimalisir.

Pemerintah kota juga memiliki prioritas-prioritas dalam pembangunan kota, saat ini Kota Tangerang masih terus melakukan perbaikan dan peningkatan sarana fasilitas umum dan fasilitas sosial, demi kesejahteraan masyarakatnya. Perbaikan-perbaikan jalan terus dilakukan oleh pemerintah kota karena masih banyak jalan-jalan di Kota Tangerang yang masih rusak seperti di jalan Pajajaran , Beringin, Prambanan, dan Borobudur. Sebagian besar kerusakan jalan disebabkan karena digenangi air. Selain itu, yang juga menjadi prioritas pemerintah kota adalah peningkatan sarana pendidikan.

Menentukan prioritas sangatlah penting dalam proses pembangunan kota, jika tidak menentukan prioritas dan dengan sembarangan melakukan pembangunan di segala bidang malah akan menjadi bumerang yang menyebabkan kegagalan pembangunan. Namun usaha dari pemerintah kota saja belum cukup, keikutsertaan masyarakat dan pihak swasta dalam membangun, mengembangkan, serta memelihara kota sangatlah diperlukan. Selain itu penyelesaian terhadap segala permasalahan Kota Tangerang seperti banjir dan kemacetan menjadi tanggung jawab yang besar untuk segera diselesaikan.

Dilihat dari perkembangan yang telah dialami, Kota Tangerang akan tumbuh menjadi kota padat penduduk yang memiliki pusat-pusat perdagangan dan industri yang maju pesat. Walaupun demikian semoga saja Tangerang akan tetap memiliki penataan kota yang apik dan teratur di masa-masa mendatang.


sumber artikel: http://www.wartakota.co.id/read/news/942

0 komentar:

Posting Komentar